24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

7 Tips Travelling Naik Motor Nyaman Tanpa Ribet


Travelling bisa dilakukan dengan berbagai media transportasi, misalkan travelling naik kereta, bus, mobil pribadi atau pesawat. Nah, kalau kamu ingin berhemat atau memiliki biaya terbatas, menggunakan sepeda motor untuk berjalan-jalan bisa jadi pilihan. Selain praktis dan hemat, ada berbagai tips travelling naik motor yang bisa dilakukan agar perjalanan kamu tetap seru dan berkesan.

Tips Travelling Naik Motor Nyaman Tanpa Ribet 

tips travelling naik motor

Meski hanya dengan menggunakan sepeda motor, kamu harus tetpa mempersiapkan banyak hal biar perjalananmu lancar. Jangan disepelak ya, berikut tips travelling naik motor:

1. Cek Kondisi Sepeda Motor

Kondisi sepeda motor harus dalam keadaan prima. Lakukan pemeriksaan dan juga service menyeluruh agar tidak ada masalah yang dapat menggangu acara liburanmu. Tips travelling naik motor ini sangat penting karena dapat menjadi pengeluaran tidak terduga yang sangat merugikan. Hal yang berkaitan dengan gas, rem dan fungsi motor lainnya menentukan keselamatan di jalan yang sangat perlu diwaspadai.

2. Hindari Banyak Barang

Kekurangan motor yang sangat signifikan adalah ruang atau komprtmen untuk menaruh barang. Traveling membutuhkan baju ganti, alat mandi, gadget dan perlengkapan lainnya. Apalagi bila kamu bepergian dengan pasangan, atau keluarga, beban yang harus diangkut oleh motor jadi bertambah dan dapat mempengaruhi laju kendaraan. 

Hindari membawa barang berlebihan. Bila memungkinkan tambah boks yang bisa dipasang pada kanan, kiri dan bagian belakang motor untuk menambah bagasi. 

3. Asupan Makanan dan Minuman

Berlibur sering dikonotasikan sebagai saat untuk memanjakan diri. Kamu akan makan dan minum tanpa ada batasan. Faktanya makanan adalah alasan utama orang menyudahi liburannya karena terserang penyakit. Oleh karena itu tips travelling naik motor yang satu ini tidak bisa dianggap sepele. 
Hati-hati memilih tempat makan, perbanyak minum air putih agar tetap bugar dan hindari makanan yang dapat memicu masalah pencernaan seperti makanan pedas atau bersantan. 

4. Perangkat Penunjang Kenyamanan

Jalan-jalan naik motor berbeda dengan transportasi lainnya. Kamu terpapar sinar matahari langsung, belum lagi debu di jalan atau curah hujan yang membuatmu sesekali harus berhenti. Bawalah perlengkapan untuk membuatmu lebih nyaman. 

Kaca mata hitam dapat menghalau sinar matahari, masker akan menghindarimu dari debu, sarung tangan memastikan pegangan tangan yang mantap. Bahkan kau dapat membawa bantal kecil untuk menahan punggung yang duduk lama. 

5. Surat-surat Kendaraan Lengkap

Jangan bepergian tanpa surat kendaraan lengkap apalagi untuk jarak jauh. Selain KTP yang wajib dibawa oleh setiap orang, bermotor memerlukan SIM dan STNK. Surat kendaraan lainnya juga perlu dibawa untuk memastikan perjalananmu tidak terhenti atau terhambat karena motor kamu yang bermasalah. 

6. Kalkulasi Waktu dan Jarak

Ambisi untuk bepergian jauh dengan motor perlu perhitungan logis. Bila kamu hanya memiliki libur selama akhir pekan maka tempat yang dituju hanya bisa menuju lokasi dekat saja. Semakin banyak waktu libur kamu maka semakin jauh juga jarak tempuh yang bisa dicapai. 

Perhatikan jarak, waktu dan tempat istirahat di antaranya. Jadi selain kamu tidak memaksakan motor, juga tidak melupakan kondisi tubuh yang tidak bisa dipacu untuk mengendarai motor semalaman. 

7. Gabung Komunitas Motor

Mencari klub atau komunitas motor sesuai dengan jenis kendaraan yang kamu bawa bisa sangat membantu kamu dalam perjalanan. Biasanya tiap daerah memiliki cabangnya masing-masing. Kamu bisa meminta bantuan bila motor bermasalah di kota tertentu atau sekedar mendapatkan teman baru yang dapat menunjukkan tempat wisata setempat. 

Naik sepeda motor memungkinkan untuk bepergian baik jauh atau dekat. Tentu tips travelling naik motor di atas bisa digunakan untuk mempersiapkan bila kamu memutuskan untuk naik motor dibandingkan kendaraan lainnya. Dengan mengikuti tips travelling tersebut tentu perjalanan akan lebih nyaman.  Baik kondisi motor maupun pengendaranya terjaga dengan baik dan dapat berlibur dengan tenang. Apakah kamu berminat untuk mencobanya? 

Related Posts
Celoteh Dini Hari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine!

Related Posts

Posting Komentar