10 Tempat Wisata Bengkulu Paling Populer

10 Tempat Wisata Bengkulu Paling Populer

Tempat Wisata Bengkulu – Bengkulu memiliki sejuta tempat wisata yang menjadi favorit masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Di provinsi Bengkulu menyimpan puluhan destinasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi mulai dari wisata alam, religi hingga wisata kulinernya.

Daftar Tempat Wisata Bengkulu Paling Populer

Tempat – tempat wisata di Bengkulu ini tidak kalah menariknya dengan yang ada di pulau Jawa seperti wisata semarang dan Surabaya. Jika Anda masih bingung apa saja tempat wisata Bengkulu yang rekomended dan paling popular. Berikut ulasang singkat 10 Tempat Wisata Bengkulu paling popular!

1. Bukit Kaba

10 Tempat Wisata Bengkulu Paling Populer

Bukit Kaba berada di wilayah Sambirejo, Bengkulu yang merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Bukit Kaba sendiri tergolong sebagai gunung aktif tipe A yang berarti gunung ini sudah pernah meletus dari tahun 1600 dan masih aktif hingga saat ini.

Bukit Kaba memiliki bukit dengan tinggi 1952 meter di atas permukaan air laut dan memiliki 8 buah kawah. Bukit ini sangat muda dijangkau dan tersedia dua jaluk pendakian yang bisa dipilih. Pertama berupa jalanan tanah, dan jalan yang kedua adalah jalan beraspal yang sudah rusak.

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi favorit wisatawan maupun untuk pendakian. Menariknya lagi, pada bagian puncak Kaba memiliki kawah dengan warna eksotis yakni hijau tosca yang memanjakan mata.

Bukit Kaba
Alamat : Sambirejo, Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu
No. Telepon : –

2. Pantai Padang Betuah

10 Tempat Wisata Bengkulu Paling Populer

Kota Bengkulu terkenal dengan pantai – pantai yang sangat indah salah satunya adalah Pantai Padang Betuah yang disebut – sebut sebagai surga tersembunyi dari Bengkulu.

Pasalnya, pantai ini memiliki pesona keindahan pantai yang sangat menawan dipadu dengan ombak dan angin pantai yang bagaikan di surga. Terlebih lagi saat berada di area wisata pantai ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket maupun parkir kendaraan.

Pantai ini juga banyak dikunjungi wisatawan karena selain sangat indah juga aksesnya tidak sulit. Berada di pedesaan Padang Betuah, Bengkulu Tengah yang letaknya dekat dengan jalan lintas Provinsi Bengkulu yakni hanya sekitar 15 menit saja untuk sampai ke pantai ini.

Pantai Padang Betuah
Alamat : Padang Betuah, Pd. Klp., Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu
No. Telepon : –

3. Pulau Tikus

10 Tempat Wisata Bengkulu Paling Populer

Anda penyuka snorkeling? Nah, pulau yang satu ini cocok sebagai destinasi wisata Anda. Di pulau ini para wisatawan bisa menyewa peralatan snorkeling atau peralatan menyelam.

Biayanya cukup terjangkau yajnu Rp 200 ribu per orang saja. Anda akan disuguhi dengan pemandangan eksotis dalam laut serta dapat berinteraksi dengan biota laut. Kebanyakan memang biota laut yang tersedia adalah koral dan terumbu karang.

Pulau Tikus berlokasi sangat dekat dengan Kota Bengkulu. Untuk mengakses ke pulau ini, pengunjung tinggal menyeberangi pulau dengan menaiki perahu nelayan atau kapal wisata selama 40 menit.

Namun, di tempat ini masih belum tersedia penginapan sama sekali sehingga jika ada pengunjung yang membutuhkan penginapan, mereka akan langsung mencari di pusat kota.

Pulau Tikus
Alamat : Indian Ocean, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu
No. Telepon : –

4. Pulau Enggano

Pulau terluar, banyak yang menjuluki pulau Enggano demikian. Pulau ini terletak di Samudra Hindia dan pertama kali disinggahi orang asing bernama C de Houtman pada tahun 1596. Setelah itu, banyak orang asing yang menyinggahi pulau ini.

Saat ini, jalur menuju Pulau Enggano bisa dilalui dengan jalur laut dan udara. Untuk jalur laut, biasanya para wisatawan menaiki KM Pulau Tello (ferry) atau KM Perintis. Durasi yang ditempuh untuk sampai di Pulau Enggano sekitar 12 jam memang cukup lama namun semua ini akan terbayar oleh keindahan pulau Enggano.

Pulau Enggano
Alamat : Enggano, Kabpaten Bengkulu Utara, Bengkulu
No. Telepon : –

5. Benteng Marlborough

Selanjutnya adalah Benteng Marlborough yang merupakan destinasi wajib untuk dikunjungi. Bangunan ini memiliki nuansa sejarah dan budaya ada jaman Inggris – Belanda ketika berada di Indonesia.

Benteng ini didirikan pada tahun 1714 oleh East India Company yang awalnya digunakan untuk pusat pemerintahan Inggris terutama sebagai pertahanan.

Untuk menemukan tempat ini tidak sulit karena terletak di pusat kota Bengkulu dan letaknya juga di dekat pantai. Pada puncak benteng ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan kota Bengkulu dari ketinggian yang dulunya digunakan para serdadu untuk menyerang negeri kita ini.

Benteng Marlborough
Alamat : Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38116
No. Telepon : –

6. Air Terjun Suban

Ketika pengunjungi Bengkulu, wisata air terjun Suban tidak boleh terlewatkan. Air terjun Suban ini mempunyai 2 aliran air terjun yang ketinggiannya berbeda – beda.

Curug pertama terletak di dekat pintu memasuki kawasan air terjun Suban ini, sementara itu bagian dalam terdapat air terjun Suban yang airnya hangat dan memiliki ketinggian 15 meter.

Air yang jatuh tersebut ditampung di sungai yang tidak terlalu dalam yang airnya sangat bersih dan sejuk. Kebersihan lokasi ini sangat dijaga agar tidak tercemar oleh sampah.

Lebih menarik lagi, di area air terjun ini dikelilingi tanaman yang biasanya tumbuh di area hutan hujan tropis sehingga tempat ini bagaikan hutan yang indah seperti di lukisan. Untuk bisa masuk ke tempat ini, pengunjung harus membayar biaya restribusi sebesar Rp 10.000,- saja.

Air Terjun Suban
Alamat : Cawang Baru, Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu 39119
No. Telepon : –

7. Gedung Juang 45

Bangunan ini dibangun pada tahun 1938 yang mulanya digunakan sebagai hotel bernama Hotel Schomper. Namun, saat Jepang berkuasa di Indonesia, bangunan ini digunakan sebagai Pusat Pendidikan Politik dan kemudian dinamakan asrama Angkatan Baru Indonesia.

Di dalam Gedung Juang 45 memiliki banyak peninggalan yang memiliki nilai historis mulai dari tahun 1944 hingga 1949 misalnya peristiwa Bandung Lautan Api, pertempuran 10 November, dan lain – lain.

Tidak hanya itu, didalamnya juga terdapat koleksi lukisan tentang perjuangan bangsa Indonesia dan patung dada para pahlawan kemerdkaan Indonesia. Tiket masuk ke tempat ini sanat terjangkau mulai dari Rp 3000,- per orang.

Tempat ini perlu dikunjungi terutama bagi Anda yang berlibur dengan anak – anak, sangat penting mengenalkan sejarah kepada mereka.

Gedung Juang 45
Alamat : Jl. Pembangunan No.838, Jemb. Kecil, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38225
No. Telepon : –

8. Masjid At Taqwa Bengkulu

Masjid At – Taqwa dibangun mulau tahun 1988 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto tepatnya pada tanggal 1 Juli 1989. Masjid ini sangat megah dan didominasi oleh warna putih.

Bagian dalam masjid mampu menampung 2.900 orang jamah sekaligus. Selain itu, desain masjid yang memanjakan mata dan teduh sangat popular dikunjungi wisatawan dari manapun yang ingin berwisata religi ke tempat ini.

Masjid ni memadukan antara arsitektur tradisional dengan langgam Yunan dan Turki. Hasilnya, terbentuk bangunan masjid dengan segala keunikannya mulai dari atap, pilar beton, jendela dan dinding masjid.

Masjid At Taqwa Bengkulu
Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Anggut Atas, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu
No. Telepon : 0813-7774-5932

9. Monumen Thomas Parr.

Selanjutnya adalah Monumen Thomas Parr yang merupakan monumen persatuan rakyat Bengkulu untuk melawan penjajah pada saat itu. Monumen ini lokasinya tak jauh dari Benteng Marlborough.

Nama monument ini sendiri diambil dari Thomas Parr. yang merupakan perintis sistem cultuurstelsel atau sistem tanam paksa yang ada di Bengkulu.

Tempat ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Bengkulu dan banyak memiliki keunikan di dalamnya. Keunikan bangunan ini bisa dilihat dari arsitektur bangunan yang memiliki tugu segi 8 dan tiang penyangga bergaya Corinthian.

Tidak memiliki daun pintu, namun di dinding monumen dilengkapi dengan prasasti. Sementara itu, atap monument ini berbentuk kubah yang indah.

Monumen Thomas Parr.
Alamat : Malabero, Kec. Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38119
No. Telepon : –

10. Pantai Panjang

Rekomendasi wisata Bengkulu terpopuler terakhir adalah Pantai Panjang. Pantai ini adalah pantai pasir putih sepanjang 7 km. Pantai ini tidak memiliki banyak terumbu karang seperti di Pulau Tikus, namun meskipun begitu tidak mengurangi keindahan tempat ini.

Tempat ini cocok digunakan untuk berjemur, bermain pasir atau berenang karena memang air di Pantai Panjang sangat jernih. Nah, disekeliling tempat ini juga disediakan fasilitas yang lengkap seperti hotel, restoran atau toko yang menjual oleh – oleh khas tempat ini yang tentunya bisa dibeli dengan harga yang terjangkau.

Pantai Panjang
Alamat : Jl. Pesisir Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Bengkulu
No. Telepon : –

Demikian ulasan tentang 10 Tempat Wisata Bengkulu paling popular. Sudahkah, Anda menentukan mana destinasi wisata yang ingin dicoba di Bengkulu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *