10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Masih Alami

10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Masih Alami

Tempat wisata di Purwakarta – Purwakarta menyimpan keindahan alam yang sangat asri dan alami. Di kabupaten Purwakarta banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan dengan keluarga.

Daftar Tempat Wisata di Purwakarta yang Masih Alami

Bagi pecinta wisata kuliner, Anda bisa berlibur ke Purwakarta sembari berburu hidangan khas Purwakarta yang menggoyang lidah. Berikut adalah 10 tempat wisata di Purwakarta yang masih alami !

1. Gunung Parang

10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Masih Alami

Gunung Parang merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Gunung Parang ini sudah terkenal hingga ke kancah Internasional. Bagi pendaki, gunung Parang adalah medan yang sangat cocok untuk pendakian karena gunung ini termasuk gunung batu.

Kabarnya, tempat ini merupakan lokasi pendakian terbesar kedua se – Asia. Gunung Parang memiliki ketinggian mencapai 963 mdpl dan terletak diantara dua bendungan yakni Jatiluhur dan Cirata.

Untuk pendakian di gunung Parang, pengunjung akan diberikan dua pilihan yakni via ferrata atau memanjat tebing menggunakan tangga besi dan tyroean traverse yakni menyeberangi tempat yang memiliki landscape ekstrim.

Pengunjung yang ingin mendaki ke gunung Parang harus mengeluarkan biaya sedikit lebih mahal jika ingin mencoba kedua cara pendakian tersebut yakni sekitar total 675 ribu rupiah. Tentunya, harga tidak sebanding dengan pengalaman dan tingkat kepuasan yang didapatkan bagi seorang pendaki sejati.

Gunung Parang
Alamat : Desa Sukamulya, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
No. Telepon : –

2. Curug Cipurut

10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Masih Alami

Curug Cipurut terletak di kaki Gunung Burangrang dibagi menjadi 3 bagian yakni curug utama yang ketinggiannya mencapai 25 meter dan dua curug lainnya yang cenderung lebih landai dan tidak terlalu tinggi. Kedua curug ini sering dijadikan tempat berselancar oleh pengunjung.

Tempat ini sangat sejuk dan pemandangannya masih sangat alami. Di sekeliling curug dihiasi dengan pepohonan pinus yang berjajar secara rapi sehingga membuat curug ini semakin cantik. Sementara itu, untuk menuju ke curuh Cipurut, pengunjung bisa berangkat dari pusat kota Purwakarta yang jaraknya kurang lebih 30 km selama 1 jam.

Jalan menuju curug sangat baik namun tidak bisa dipungkiri pengunjung akan menemui banyak tanjakan, turunan dan tikungan karena daerah tersebut merupakan daerah dataran tinggi. Sehingga, kehati – hatian perlu dijaga.

Curug Cipurut
Alamat : Desa Babakan, Kabupaten Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41174
No. Telepon : –

3. Legok Barong

10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Masih Alami

Legok Barong salah satu pilihan tempat wisata Purwakarta yang masih asri dan suasananya sangat tenang. Lokasi Legok Barong banyak ditumbuhi oleh pohon hijau yang tinggi menjulang sehingga berlibur ke Legok Barong bagaikan di hutan.

Tak jarang banyak warga local yang menghabiskan akhir pekan di tempat ini. Di Legok Barong terdapat sebuah gua yang tak kalah cantik dan bisa digunakan sebagai spot foto yang menarik. Gua ini bernama Gua Panyileukan. Selain gua, air terjun di Legok Bagong juga sangat menyegarkan yang bernama Curug Cimanah Rasa.

Legok Barong
Alamat : Jl. Sagalaherang-Wanayasa, Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41175
No. Telepon : 0838-1725-5486

4. Wisata Hutan Pasir Langlang Panyawangan

Wisata hutan pasir Langlang Panyawangan merupakan sebuah wanawisata yang ada di kawasan Kiarapedes, Purwakarta. Hutan wisata ini memiliki pemandangan alam yang sangat eksotik apalagi hawanya yang sangat membuai sehingga banyak wisatawan yang betah jika berada di tempat ini.

Harga tiket masuk hutan wisata ini sekitar 5 ribu rupiah. Namun, jika wisatawan ingin berkemah maka akan dikenakan restribusi sebesar 10 ribu rupiah. Hutan wisata ini menawarkan berbagai kegiatan alam seperti outbound, camping, trekking, hunting foto atau pengamatan burung yang ada di hutan ini.

Wisata Hutan Pasir Langlang Panyawangan
Alamat : Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41175
No. Telepon : –

5. Desa Sajuta Batu

Desa Sajuta Batu adalah sebuah tempat wisata Purwakarta yang menawarkan berbagai spot foto yang unik dan masih sangat asri. Selain itu, di desa ini sangat kental dengan kebudayaan lokalnya. Tempat ini juga sering menjadi area rock climbing, flying fox, offroad, pendakian dan lain – lain.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Semarang Untuk Liburan Keluarga

Hal ini karena medan yang ada di desa ini sangat ekstrim terutama di daerah gunungnya karena dipenuhi oleh bebatuan. Inilah yang juga menjadi alasan penamaan desa Sajuta Batu. Di tempat ini banyak ditemukan batuan alam dari yang terkecil hingga pegunungan andesit yang tegak berdiri di desa ini.

Desa Sajuta Batu
Alamat : Desa Pesanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
No. Telepon : –

6. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok merupakan sebuah gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 900meter. Gunung ini sering digunakan untuk mendaki. Gunung Bongkok memiliki 2 puncak yang masing – masing mempunyai perbedaan karakter. Namun, pemandangan keduanya sama – sama mempesona.

Tidak sulit menuju ke Gunung bongkok karena lokasinya tidak tersembunyi serta bisa diakses dengan menggunakan kendaraan. Rute menuju gunung Bongkok pertama pengunjung bisa mendatangi desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta.

Jika ditempuh dari pusat kota Purwakarta, pengunjung bisa langsung mengunjungi daerah Plered. Kemudian dari Plered, pengunjung bisa langsung ke arah desa Cikandang.

Sesampainya di desa Cikandang, pengunjung akan menemukan pos Munclu. Di pos ini, pengunjung bisa menitipkan kendaraannya kemudian berjalan kaki sampai ke puncak gunung Bongkok.

Gunung Bongkok
Alamat : Sukamulya, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41165
No. Telepon : 0817-0244-434

7. Alam Sari Wates Adventure

Alam Sari Wates Adventure menawarkan berbagai fasilitas yang menarik perhatian pengunjung. Wahana yang disajikan yakni indoor dan outdoor sehingga kawasan ini selalu ramai pengunjung terutama saat akhir pekan.

Lokasi ini sangat sejuk karena terletak di 1200 meter dari permukaan laut. Apalagi di sekeliling tempat wisata ini dikelilingi hamparan kebun teh hijau yang segar. Untuk menuju ke Alam Sari Wates Adventure, pengunjung bisa mengambil rute dari Jakarta.

Kemudian menuju pertigaan antara Cirata dan Padalarang Bandung, langsung belok ke jalur Padalarang Bandung. Nah, kita akan menemukan Alam Sari Wates Adventure di kiri jalan.

Tiket masuk tempat ini sangat terjangkau yakni sekitar Rp 35.000,- saja untuk paket terusan. Paket terusan cenderung lebih ekonomis karena pengunjung bisa menikmati seluruh wahana di tempat wisata Purwakarta ini seperti rumah terbalik, sepeda gantung, waterboom dan wahana lainnya.

Alam Sari Wates Adventure
Alamat : Jl. Raya Sawit, Kec. Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41163
No. Telepon : (022) 86866308

8. Kampung Panenjoan

Kampung Panenjoan merupakan tempat wisata Purwakarta yang dibangun sejak tahun 2016 memiliki pemandangan alam mempesona. Memiliki modal panorama alam yang indah, membuat masyarakat di desa ini berinisiatif mengelola Kampung Panenjoan dengan lebih apik ditambah dengan adanya spot foto berupa jembatan bambu yang sangat unik.

Sehingga, tak butuh waktu yang lama kampung Panenjoan akhirnya menjadi primadona baru di kalangan wisatawan. Di sekitar kampung Panenjoan ini berdiri sebuah bukit yang dinamakan Bukit Panenjoan.

Awal penamaan tempat ini diadopsi dari kata “Nenjo” yang dalam Bahasa Sunda berarti melihat. Menurut masyarakat, dari atas Bukit tersebut bisa terlihat daerah di sekitar bukit.

Bukit ini terus mengalami perbaikan dan penghijauan dengan ditanami pohon dan tanaman the yang dikelola oleh PT. Kartini Wana Raya sehingga bukit ini terlihat semakin cantik. Tak jauh dari bukit Panenjoan terdapat makam tokoh Islam yakni Syaikh Serepong yang merupakan adik dari Syaikh Dako Rancadarah Purwakarta.

Makam tersebut selalu ramai dikunjungi peziarah terutama pada malam Jumat. Tak sedikit peziarah yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke bukit Panenjoan.

Kampung Panenjoan
Alamat : Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
No. Telepon : –

9. Gunung Lembu

Ingin menikmati waduk Jatiluhur dengan sensasi yang berbeda? Jalur Gunung Lembu bisa dicoba sebagai cara baru menikmati keindahan waduk Jatiluhur dari puncak gunung. Gunung Lembu memiliki ketinggian 792 mdpl namun memiliki jalur pendakian yang cukup ramah dan sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang bukan seorang pendaki.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Cirebon yang Instagramable

Meskipun memiliki medan yang tidak sulit, namun tetap saja pengunjung perlu waspada karena selama di perjalanan pengunjung tetap akan melewati batuan yang besar – besar. Sesampainya di puncak gunung, para pengunjung akan menemukan sebuah batu besar yang dinamakan batu lembu. Batu tersebut mirip seperti punuk lembu.

Gunung Lembu
Alamat : Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
No. Telepon : –

10. Curug Suhada

Terakhir adalah Curug Suhada yang merupakan sebuah destinasi wisata tak terlalu besar namun sangat indah. Aliran terjun sangat mempesona juga menyajiakan pemandangan alam yang sangat eksotik. Dari tebing Curug memiliki ketinggian kurang lebih 7 meter.

Curug ini sangat ramah karena aliran airnya begitu tenang tak terlalu deras. Ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bermain air bersama keluarga dibawah aliran air curug. Pengelolaan curug Suhada memang masih belum maksimal, sehinga pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk ke tempat wisata di Purwakarta ini.

Curug Suhada
Alamat : Desa Sindanglaya, Kec. Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41167
No. Telepon : –

Demikian ulasan tentang tempat wisata di Purwakarta yang masih asri dan alami. Rasanya sangat menyenangkan berlibur ke destinasi wisata alam setelah penat dengan aktivitas harian. Lalu, destinasi wisata mana yang jadi pilihan liburan Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *