10 Tempat Wisata Makassar yang Lagi Hits

10 Tempat Wisata Makassar yang Lagi Hits

Tempat Wisata Makassar – Makassar merupakan Ibukota Sulawesi Selatan. Kota Makassar dikenal sebagai salah satu pusat pelayaran di Indonesia dengan perahunya yang sangat terkenal yakni Perahu Phinisi. Selain sebagai pusat pelayaran juga terkenal karena memiliki potensi wisata yang sangat besar.

Daftar Tempat Wisata Makassar yang Lagi Hits

Tempat wisata di Makassar sangat bervariasi dan sebagian besar diantaranya memiliki sejarah tersendiri. Oleh karena alasan ini, banyak tempat wisata Makassar yang ramai dikunjungi. Penasaran apa saja tempat wisata tersebut? Yuk simak ulasannya berikut!

1. Air Terjun Asap

10 Tempat Wisata Makassar yang Lagi Hits

Air Terjun Asap Baru salah satu tempat wisata memikat yang ada di Makassar tepatnya di Desa Palakka, Kecamatan Barru. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan air berwarna hijau yang segar. Air terjun ini sebenarnya sudah dikenal oleh wisatawan sejak tahun 2006.

Namun, karena ada masalah sehingga menyebabkan nama Kecamatan Palaka tercoreng karena ulah pengunjung, pada tahun 2014 wisata Air Terjun Asap Barru terpaksa ditutup oleh warga sekitar.

Hal ini karena, air terjun ini sering digunakan sebagai tempat mesum. Akhirnya, pamor air terjun Asap Barru mulai meredup dan sepi pengunjung. Namun, saat ini air terjun Asap Barru sudah dibuka kembali sehingga wisatawan bisa berkunjung lagi ke tempat ini untuk menghabiskan masa liburan.

Pesan penting dari Kepala Desa Palakka, Bapak Bachtiar dengan dibukanya kembali air terjun Asap Baru diharapkan lokasi wisata ini tidak dinodai dengan perbuatan mesum lagi seperti beberapa tahun silam.

Air Terjun Asap, Baru
Alamat : Palakka, Kec. Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90711
No. Telepon : –

2. Taman Batu Balocci

10 Tempat Wisata Makassar yang Lagi Hits

Di Makassar, keindahan tempat wisatanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu tempat wisata alam Makasar yang saat ini tengah menjadi perbincangan di sosial media adalah Taman Batu Balocci.

Di area taman batu ini, Anda akan menjumpai jajaran batu karst yang berwarna kelabu dengan dihiasi rerumputan hijau di sekitarnya. Bentuk unik batu karst membentuk sebuah pemandangan yang unik nan eksotik dan memiliki daya tarik tersendiri.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Banyuwangi Jawa Timur

Tak sedikit pengunjung taman batu ini menjadikannya sebagai lokasi prewedding karena hasil foto yang diperoleh akan sangat bagus jika diambil dari angle yang tepat. Karena belum memiliki pengelola secara resmi, untuk masuk ke area taman batu ini pengunjung tidak akan dikenai biaya apapun.

Taman Batu Balocci
Alamat : Balleanging, Balocci, Balleanging, Balocci, Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan, Sulawesi Selatan 90661
No. Telepon :-

3. Taman Maccini Sombala

10 Tempat Wisata Makassar yang Lagi Hits

Taman Maccini Sombala berlokasi di Kelurahan Maccini Sombala, Kota Makassar. Taman Ini dulunya adalah daerah pantai yang kemudian dijadikan tambak ikan. Setelah lama menjadi empang untuk tambak ikan kemudian saat ini, tempat ini dikelola sehingga menjadi taman hijau yang segar dan diberi nama Taman Maccini Sombala.

Tempat ini sering dijadikan lokasi untuk berolahraga seperti jogging, tracking, latihan karate, dan lainnya. Selain itu, di area taman ini sering digunakan untuk pelaksanaan kegiatan hiburan atau pementasan kesenian. Bagi wisatawan yang hobi memancing, di Taman Maccini juga disediakan kolam pemancingan yang luas.

Taman Maccini memberikan fasilitas yang sangat lengkap untuk para wisatawan. Menariknya, untuk memasuki Taman ini, wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Namun, biasanya wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir tergantung jenis kendaraan yang tarifnya mulai dari Rp 1.000,- hingga Rp 5.000,-

Taman Maccini Sombala
Alamat : Kel. Maccini Sombala, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
No. Telepon : –

4. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena saat ini tengah hits di kalangan para wisatawan. Sebelumnya, ada Pantai Losari yang selalu menjadi destinasi tujuan wisatawan ketika berlibur ke Makassar. Namun, saat ini pantai Akkarena menjadi primadona baru sebagai destinasi liburan keluarga.

Pantai ini terkenal memiliki pemandangan yang sangat mempesona. Terlebih angin yang berhembus sangat segar sehingga bisa membantu menenangkan pikiran yang tengah suntuk.

Sebelumnya, tempat ini dijuluki Tanjung Bunga namun keberadaannya kurang popular karena kurang dikelola dengan baik. Namun, setelah dilakukan perbaikan menyeluruh Tanjung Bunga yang awalnya kurang menarik, kini menjadi destinasi wisata yang cantik nan eksotik.

Pantai Akkarena saat ini dilengkapi berbagai wahana permainan yang lengkap, spot selfi yang banyak dan kekinian, juga aneka café dan resto yang menyajikan hidangan yang akan menggoyang lidah para wisatawan, hotel atau penginapan dengan harga terjangkau. Tertarik berkunjung ke Pantai Akkarena?

Pantai Akkarena
Alamat : Jl. Tanjung Bunga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
No. Telepon : –

5. Buttu Macca

Perkampungan Buttu Macca, tepatnya berlokasi di Desa Bamba Puang, Kecamatan Anggareja Makassar. Tempat ini saat ini juga banyak dikunjungi terutama oleh para pemuda pemudi yang menyukai destinasi wisata ala petualang.

Hal ini karena untuk bisa menikmati panorama indah, pengunjung perlu melewati tantangan berupa pendakian ke puncak bukit. Tiket masuk ke Buttu Macca hanya sebesar Rp 5.000,- saja.

Tempat ini sangat ramai setiap harinya, sehingga pengunjung harus rela mengantre. Sembari menunggu antrean, pengunjung bisa mencoba bermain di ayunan jomblo yang berlokasi di loket masuk Buttu Macca.

Selain ayunan jomblo, banyak spot foto unik disediakan di Buttu Macca. Selain spot foto, di tempat ini juga disediakan wahana permainan yang akan memacu adrenalin seperti ayunan ketapel atau flying fox. Yuk, berkunjung ke Buttu Macca yang indah ini!

Buttu Macca
Alamat : Desa Bamba Puang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan 91752
No. Telepon : 0852-5500-3081

6. Bukit Kanari

Siapa yang masih jomblo? Nah, buat Anda yang masih jomblo sepertinya Anda harus berkunjung ke tempat ini untuk membuang kejombloan. Bukit Kanari saat ini merupakan destinasi hits di kalangan para kawula muda. Tempat ini banyak digunakan jomblo untuk mencari jodoh.

Hal ini karena mayoritas yang berkunjung ke tempat ini adalah orang – orang yang masih belum punya pasangan (jomblo). Nah, siapa tahu salah satu pengunjung bisa berjodoh dengan Anda setelah berkunjung dari Bukit Kanari.

Tak hanya itu, bukit Kanari dihiasi dengan berbagai spot selfie unik seperti sayap, hiasan pintu, papan kayu dengan bentuk hati. Pemandangan di tempat ini juga sangat indah dan asri, dipadu dengan perbukitan dan pepohonan hijau yang menyegarkan fikiran.

Bukit Kanari
Alamat : Baji Pamai, Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 92754
No. Telepon : –

7. Pulau Kambing

Pulau Kambing salah satu pulau teristimewa di Makassar. Pulau ini mempunyai pemandangan eksotis baik daratan maupun bawah lautnya. Tak heran jika pulau Kambing sangat popular di kalangan pecinta snorkeling dan diving. Pulau ini memiliki air laut yang sangat jernih sehingga hanya dari atas perahu Anda bisa melihat pemandangan bawah laut dengan jelas.

Di tempat ini ada berbagai kelompok terumbu karang dan ikan yang beragam jenisnya. Tak jarang para wisatawan juga akan menjumpai hiu di bawah laut. Namun, bagi pecinta snorkeling sebaiknya harus tetap waspada karena arus air di bawah laut sangat kuat. Konon di Pulau Kambing terdapat air terjun bawah laut.

Pulau Kambing
Alamat : Desa Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab.Bulukumba, Makassar
No. Telepon : 0822-9261-8249

8. Helena Sky Bridge

Helena Sky Bridge merupakan sebuat jembatan gantung yang ada di lereng batu karst. Panjang jembatan ini kurang lebih 50 meter berada di ketinggian 100 meter diatas permukaan air laut. Pengunjung bisa menikmati pemandangan dari atas jembatan ini dan berfoto di tempat ini, loh.

Di tempat ini juga dijuluki sebagai Kerajaan Kupu – Kupu Indonesia karena di Kabupaten Maros ini mempunyai 247 spesies kupu – kupu. Salah satu spesies kupu – kupu Raja yang dilindungi juga ada di sini.

Kebetulan juga Helena Sky Bridge terletak tepat di atas penangkaran kupu – kupu. Sehingga, sembari melewati jembatan gantung, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan kupu – kupu cantik di bawah jembatan.

Helena Sky Bridge
Alamat : Desa Kalabbirang,Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90561
No. Telepon : –

9. Hutan Mangrove Lantebung

Hutan Mangrove Lantebung berlokasi di pantai Utara Makassar tepatnya di Jalan Lantebung, Kota Makassar. Hutan mangrove ini dijadikan ekowisata, disini terdapat tanaman bakau yang memenuhi lahan seluas 12 hektar.

Tempat ini dikelola dengan sangat baik untuk menarik perhatian para wisatawan. Untuk mengelilingi hutan bakau ini, disediakan dermaga berwarna pelangi yang memiliki panjang 270 meter. Selain jembatan pelangi, di hutan mangrove ini juga disediakan spot foto berupa gazebo yang kekinian.

Hutan Mangrove Lantebung
Alamat : Jl. Lantebung, Bira, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90243
No. Telepon : –

10. Air Terjun Parangloe

Air terjun Parangloe dikenal juga dengan nama air terjun Bantimurung. Air terjun ini disebut sebagai air terjun terindah karena memiliki bebatuan yang tersusun beraturan dan bertingkat. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat dengan suasana yang sangat mistis.

Kabarnya ada banyak pengunjung yang meninggal terseret aliran air atau terpeleset diantara bebatuan. Dibalik mistisnya tempat ini, ternyata tempat ini memiliki panorama  sangat indah dipadu dengan pepohonan hijau yang menaungi air terjun.

Air Terjun Parangloe
Alamat : Belapunranga, Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92173
No. Telepon : 0853-4263-3633

Nah, Itulah 10 Tempat Wisata Makassar yang lagi hits. Namun, jika Anda ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di atas, jangan pernah tinggalkan sampah sembarangan karena akan merusak keindahan tempat – tempat wisata tersebut. Sekian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *