10 Tempat Wisata Pontianak Paling Banyak Dikunjungi

10 Tempat Wisata Pontianak Paling Banyak Dikunjungi

Tempat Wisata Pontianak – Pontianak merupakan sebuah kota yang dilalui garis khatulistiwa yang membagi bumi menjadi dua bagian yakni utara dan selatan. Disamping itu, kota ini juga memiliki dua sungai yang dijadikan simbol kota Pontianak yakni sungai Landak dan sungai Kapuas.

Daftar Tempat Wisata Pontianak Paling Banyak Dikunjungi

Dari beberapa hal yang telah disebutkan di atas, ternyata masih banyak keistimewaan dari kota Pontianak terlebih tempat wisatanya yang indah dan menawan. Berikut adalah 10 tempat wisata Pontianak yang paling banyak dikunjungi!

1. Aloe Vera Center

10 Tempat Wisata Pontianak Paling Banyak Dikunjungi

Aloe Vera atau kita sering menyebutnya sebagai lidah buaya merupakan tanaman yang banyak bermanfaat untuk kesehatan sehingga aloe vera saat ini menjadi tanaman budidaya. Di Pontianak pun memiliki taman lidah buaya yang diberikan nama Aloe Vera Center. Taman ini berlokasi di Jalan Budi Utomo, Kecamatan Siantan Hulu.

Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai destinasi liburan keluarga. Karena pengunjung tidak hanya bisa berfoto di kebun lidah buaya, namun juga bisa mendapat pelajaran bagaimana merawat lidah buaya yang baik dan benar.

Aloe Vera Center
Alamat : Jl. Budi Utomo, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78242
No. Telepon : 0812-4592-3258

2. Taman Alun – Alun Kapuas

10 Tempat Wisata Pontianak Paling Banyak Dikunjungi

Berkunjung ke Pontianak rasanya tidak lengkap jika belum berkunjng ke alun – alun Kapuas. Tempat ini banyak dikunjungi warga sekitar maupun wisatawan dari luar kota atau luar negeri. Alun – alun ini sudah menjadi ikon kota Pontianak selama berpuluh tahun.

Tempat ini sudah melewati proses renovasi berkali – kali sehingga tempat ini menjadi menarik dikunjungi seperti sekarang. Tempat ini sangat indah pada malam hari karena pada malam hari lampu – lampu taman yang berwarna – warni mulai dinyalakan beserta dengan air mancurnya.

Taman Alun – Alun Kapuas
Alamat : Jl. Rahadi Usman, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243
No. Telepon : –

3. Kampung Beting

10 Tempat Wisata Pontianak Paling Banyak Dikunjungi

Kampung Beting terkenal karena kampung ini masih menjaga kelestarian peradaban kota Pontianak di masa lalu. Tempat ini terletak di atas sungai Kapuas, dengan beralaskan jembatan kayu yang kokoh.

Kampung Beting berlokasi persis di tepi sungai Kapuas sehingga sehari – harinya para warga memanfaatkan air sungai Kapuas untuk minum, makan, mandi dan kebutuhan lainnya.

Kampung Beting
Alamat : tepi sungai Kapuas, Kecamatan Pontianak Timur
No. Telepon : –

4. Keraton Kesultanan Kadriah

Keraton Kesultanan Kadriah dibangun pada tanggal 23 Oktober 1771 Masehi. Di dalam keraton terdapat bermacam – macam benda peninggalan seperti meriam, kaca Pecah Seribu, Al- Quran yang ditulis tangan dan silsilah Sultan Pontianak mulai dari Sultan Sharif Abdurrahman Al-Kadrie hingga Sultan Syarif Hamid Al-Kadrie yang masa pemerintahannya pada tahun 1945.

Keraton Kesultanana Kadriah
Alamat : Jl. Tritura, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat
No. Telepon : –

5. Sinka Island Park

Sinka Island Park merupakan perpaduan antara pantai yang memesona dan kebun binatang Sinka. Pantai di Sinka Island masih alami dengan air laut yang jernih dan ombak yang tenang sehingga suasana pantai sangat menenangkan.

Menariknya, pengunjung tempat ini bisa berkeliling pantai dengan naik delman. Selain pantai, pengunjung juga bisa berenang di kolam renang yang ada di Sinka Island.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Makassar yang Lagi Hits

Bagi pengunjung yang mengajak anak – anak bisa mengenalkannya dengan aneka binatang yang ada di Sinka Zoo. Sinka Zoo Sendiri merupakan kebun binatang yang memiliki koleksi satwa seperti aver sebanyak 137 ekor, reptile 30 ekor, mamalia 117 ekor.

Setelah puas bermain di Sinka Iskand Park, pengunjung bisa memesan berbagai hidangan yang rasanya nikmat dan harganya terjangkau.

Sinka Island Park
Alamat : Jl. Malindo, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79163
No. Telepon :-

6. Pantai Kijing

Pantai Kijing salah satu pantai di Pontianak berpasir putih dan indah. Di pantai ini terdapat sebuah bukit yang ditumbuhi pepohonan hijau yang rindang.

Di dari bukit ini, pengunjung akan dimanjakan antara pemandangan lautan yang eksotis dan pemandangan persawahan yang segar. Di Pantai Kijing ini juga hidup berbagai biota laut seperti kerang, kepiting, terumbu karang dan lain – lain.

Jarak menuju lokasi pantai Kijing kurang lebih 70 km dari kota Pontianak. Pengunjung bisa menempuhnya dengan menggunakan sepeda motor ataumobil. Nah, untuk biaya masuk ke Pantai Kijing sangat terjangkau hanya sekitar Rp 5.000,- saja perorang. Di sekitar pantai Kijing ini sudah tersedia berbagai fasilitas umum seperti masjid, vihara, kedai, taman.

Pantai Kijing
Alamat :Ds.Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat
No. Telepon : –

7. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa sering disebut tugu tanpa bayangan. Keunikan tergambar dari Tugu Khatulistiwa yang terletak pada titik lintang 0 derajat. Titik ini membelah bumi menjadi dua bagian yakni bagian utara dan selatan. Di titik inilah ketika terjadi kulminasi matahari, selama beberapa saat bayangan pada tugu akan menghilang.

Peristiwa ini terjadi dua kali dalam setahun tepatnya di tanggal 21 – 23 Maret dan 21 – 23 September. Nah, jika ingin melihat peristiwa ini Anda bisa menjadwalkan waktu kunjungan di tanggal tersebut. Dari keunikan yang telah disebutkan di atas, pemerintah kota Pontianak kemudian mendaftarkan tugu khatulistiwa pada UNESCO.

Tugu Khatulistiwa
Alamat : Jl. Khatulistiwa, Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78244
No. Telepon : 0852-3674-0095

8. Hutan Kota Untan

Hutan Kota Untan atau disebut juga arboretum sylva untan adalah lokasi yang digunakan sebagai tempat pengembangan hutan kota, pengembangan pendidikan dan tempat elestarian keanekaragaman hayati yang ada di Kalimantan Barat.

Di hutan seluas 3,2 hektar ini memiliki 190 spesies pepohonan, 86 spesies anggrek, 176 tanaman perdu, 12 spesies mamalia, 32 spesies burung, 14 spesies hartofauna serta 35 spesies serangga. Saat memasuki kawasan hutan ini, pengunjung akan dibuat takjub dengan pemandangan di Hutan Kota ini.

Kawasan ini sering digunakan sebagai tempat syuting film maupun spot fotography yang unik, outbound, jogging, cycling, ekowisata dan lain – lain. Saat ini pemerintah kota Pontianak sedang berjuang agar Hutan Kota Untan atau Arboretum ini lebih dikenal dunia.

Hutan Kota Untan
Alamat : Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115
No. Telepon : –

9. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak terletak di area Keraton Khadriyah tepatnya di Dalam Bugis, Kota Pontianak. Masjid yang awalnya bernama Masjid Sultan Abdurrohman ini memiliki banyak sekali sejarah dan merupakan masjid tertua di Pontianak.

Masjid Jami dibangun pada tanggal 23 Oktober 1771 Masehi. Awalnya Syarig Abdurrahman Alkadrie dan rombongannya merombak sebuah hutan menjadi perkampungan dan sebuah masjid. Perkampungan tersebut kemudian diberikan nama Pontianak dan masjid yang dibangun ini adalah masjid Jami yang saat ini masih berdiri kokoh.

Setiap arsitektur bangunan ini memiliki filosofi seperti warna kuning pada dinding masjid melambangkan keagungan dan warna hijau melambangkan warna kenabian. Konon atap yang dibangun 4 tingkat melambangkan jumlah para sahabat Nabi yang berjumlah 4 orang.

Sementara 6 pilar yang menyangga atap masjid menggambarkan jumlah rukun Islam. Masjid ini sangat cocok dikunjungi wisatawan yang ingin melakukan wisata religi.

Masjid Jami Pontianak
Alamat : Dalam Bugis, Kec. Pontianak Tim., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243
No. Telepon : –

10. Vihara Bodhisattva Karaniya Meta

Satu lagi tempat wisata yang paling sering dikunjungi yakni Vihara Bodhisattva Karaniya Meta. Wihara yang terletak di Jalan Kapten Marsan ini sudah ada pada zaman Dinasti Kang Hie pada tahun 1645.

Selanjutnya, wihara ini mengalami rehab permanen pada 1906. Sebenarnya wihara ini merupakan sebuah gabungan dari dua wihara yang ada di Sheng Hie dan Parit Pekong.

Wihara ini didirikan dari kayu ulin yang dicar dengan warna merah dan emas. Memiliki 3 pintu utama yang bergambar pada dewa dalam Kong Hu Cu. Sementara itu, pada dinding wihara dilengkapi dengan patung yang memiliki filosofi tertentu.

Vihara Bodhisattva Karaniya Meta
Alamat : Jl. Kapten Marsan No.33, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243
No. Telepon : (0561) 731342

Demikian ulasan mengenai 10 tempat wisata Pontianak yang paling banyak dikunjungi. Usahakan jika mengunjungi salah satu tempat wisata yang telah disebutkan di atas untuk tidak merusak keindahan seperti membuang sampah sembarangan atau merusak fasilitas yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *